NOKIA 6120 Classic ku

NOKIA 6120 Classic ku

Si classic yang serba bisa

Nokia 6120 classic

Nokia 6120 classic

Akhir bulan mei ini berarti sudah 1 tahun umur nokia 6120c ku. Banyak manfaat yang aku peroleh dari ponsel ini, mulai dari hiburan seperti games,musik ataupun untuk menonton video MP4 terus untuk urusan messaging ponsel ini terbilang komplit karena sudah bisa mendukung pesan sms, mms, ataupun email dan satu lagi yang paling pennting adalah ponsel ini telah mendukung jaringan HSDPA (high speed downlink packet access) yaitu kecepatan data yang super cepat.

Waktu itu alasan kenapa saya memilih ponsel ini adalah karena fitur-fiturnya yang sangat menggiurkan alias “gue banget” tapi dengan harga yang relative murah. Waktu itu saya membeli ponsel ini saat harga ponsel-ponsel lagi pada turun-turunnya. Uang Rp.1,875,000 aku keluarkan untuk membeli nokia 6120 classic dalam keadan baru dan bergaransi resmi nokia.

Setelah beberapa bulan aku membeli ponsel ini, harga nokia 6120c ini bukannya semakin turun tapi justru malah semakin naik saja. 1 bulan pertama aku beli, harga nokia 6120c ini langsung naik drastis, bahkan menurut saya kenaikan harganya seperti tidak wajar karena kenaikannya hampir mencapai 400 ribuan. Dari yang tadinya aku membeli hanya Rp. 1.875.000 tapi 1 bulan kemudian langsung naik menjadi sekitar Rp. 2.250.000 an.

Harga terakhir yang aku lihat di carefour cikarang pada bulan mei ini adalah sekitar Rp1.970.000 an. Ini berarti harga baru nokia 6120c dari tahun ke tahun masih stabil dan boleh di bilang ponsel laris manis di pasaran.

“Ternyata aku ga salah pilih HP (hehehehee…)”

Seperti judul yang aku tulis di atas, NOKIA 6120C ini memang serba bisa.

Untuk urusan multimedia nokia 6120c masih terlalu hebat untuk di bandingkan dengan nokia 5310 expressmusic atau dengan  nokia N70 sekalipun. Karena kedua HP tersebut tidak bisa membaca video dengan format mp4.

(anehh… padahal spec yang ditawarkan pada HP tersebut

sudah bisa membaca format mp4, tapi ketika di kirimi video mp4 dari

nokia 6120c file video nya ga bisa dibaca)

karena nokia 6120c sudah termasuk dalam keluarga symbian 60 3rd edition, maka tampilan music playernya pun mirip dengan music player nokia N73. dan untuk aplikasi-aplikasi tambahannya pun jauh lebih variatif  bila di bandingkan nokia 5310.

Suara yang di keluarkan via loud speaker pun sangat bagus karena suara bass nya lebih terdengar empuk di telinga.

Masih seputar multimedia, kali ini kita akan membahas kamera. Nokia 6120c ini sudah di lengkapi kamera 2MP+lampu flash. Untuk pengambilan foto pada siang hari kamera ini terbilang bagus,tapi saat pemotretan malam hari hasil kamera nokia 6120c bener-benar tidak bisa di andalkan.

(jujur, untuk urusan kamera masih bagusan punya sony ericsson)

Sekarang kita akan pindah ke multimedia yang lain, yaitu GAMES.

Games atau permainan bawaan ponsel ini masih games yang biasa-biasa saja. Tapi nokia 6120c sudah bisa mendukung game 3D dengan platform java midp 2.0 ataupun game untuk seri symbian 60 3rd edition. Sekedar catatan: permainan-permainan yang berformat symbian jauh lebih mengasyikkan dari game java.

Inilah contoh-contoh tampilan game symbian:

Screenshot0045

Screenshot0036Screenshot0038Screenshot0040Screenshot0041

Screenshot0044

Sekarang saya akan membahas tentang fitur HSDPA milik nokia 6120c.

Jujur saja, factor terpenting kenapa saya milih HP ini tentu saja adalah fitur HSDPA nya. Hamper setiap hari nokia 6120c selalu kujadikan sebagai modem internet pc untuk keperluan browsing,download bahkan untuk membuat blog ini pun saya masih mengandalkan 6120c ku ini sebagai modem internet.

Berhubung coverage area di tempat saya sudah support jaringan 3.5G maka kecepatan browsing dan download data pun jadi bisa lebih cepat.

Berikut beberapa specifikasi lengkap nokia 6120 classic:

Harga                                       : Rp. 1.975.000 (carefour cikarang bulan mei 2009)

Operating system                      : symbian 60 3rd edition

Layar                                       : TFT 16 juta warna 240 x 320 pixel QVGA 2.0”

Kamera utama                          : 2 MP

Kamera video call                     : ada

Messaging                                : sms, mms, email

Memori internal                        : 35 MB

Memori eksternal                      : micro sd

Konektifitas                              : bleutooth dan kabel data micro usb

Transfer data                            : HSDPA, EDGE class 10, GPRS class 10

Support file audio                     : mp3, midi, wav, Aac, eAac+, m4a

Support file video                     : mp4 15 fps QVGA, 3gp

Speakerphone                          : ada

Voice recorder                         : ada, unlimited

Java                                         : ada, midp 2.0

Radio FM                                : ada

Baterai atandar                         : lithium ion 890 mAH

Bagaimana…? Apakah anda tertarik dengan ponsel ini? Jujur, ini rekomendasi yang tepat buat anda untuk memilih ponsel pintar dengan harga yang relative murah.

posting artikel terkait:

21 thoughts on “NOKIA 6120 Classic ku

  1. Bagaimana dengan kualitas nokia 6120 classic ketika dijadikan modem internet untuk PC ? Apakah secepat Telkom Speedy ?

    • @dhasurika: saya pikir sih masih jauh lebih cepat pakai telkom speedy. karena saya hanya memakai modem dial-up saja. lumayan, rata-rata kecepatan browsing pakai modem HP nokia 6120c sekitar 40kbps.

    • Apa maksud eci tulisan/font yang muncul pada web bawaan nokia bntuknya kotak2? Kalau iya,berarti sama kaya punya temen ku. Saya sendiri juga kurang begitu tau mengenai hal ini. Kalau kasus nya seperti ini mendingan internetan nya pakai aplikasi opera mini saja,di jamin tulisan nya ga kotak2 lagi.

  2. pd tanggal 10 agustus 2009 koq q liat di tabloid sms pd rubrik price tuh hrgny cm 1.650.000, 3 bulan lalu saya beli hrgny : 1.990.000. Wih… Beda bngt.. Apa bnr nih…

  3. rencananya saya baru mau beli HP…apa nokia 6120 classic its recommended bgt?
    kl dibandingin sama nokia 6124 classic, bagusan mana?..

    maksh ya….

  4. waktu itu saya explore data pribadi hp saya ,lalu kehapus deh data buat bikin pesan text nya .jadi tinggal mms e-mail sama pesan audio .admin punya data buat bikin smsnya ga ?

Tinggalkan Balasan

