Etika Nge-Facebook di Kantor

facebookdewasa ini, siapa yang tak mengenal Facebook, jejaring sosial yang bisa diakses oleh siapa saja dan di mana saja. Anda pasti setuju beragam keuntungan yang didapat dari situs ini. Tapi apakah Anda tahu bahwa situs ini bisa mengancam karier Anda?

Situs gratis yang dibuat oleh mahasiswa Harvad ini memang memberikan peluang untuk bertemu dengan teman-teman lama dan menyambung lagi hubungan yang sempat renggan. Status-status lucu hingga aneh-aneh bisa Anda posting dan tentunya bisa dibaca oleh seluruh teman-teman Anda.

Tapi pernahkah Anda mendengar di Amerika sana ada satu karyawan yang dipecat gara-gara Facebook? Situs ini memang membuat orang kecanduan hingga lupa waktu. Tentunya Anda tak mau kehilangan pekerjaan hanya karena keasyikan bukan? Ikuti etikanya dan patuhi peraturannya.

Dengan Siapa Saja Berteman?

Anda tak perlu terobesesi memiliki banyak teman di dunia maya. Pilah pilihlah siapa-siapa saja yang bisa menjadi teman Anda di Facebook. Tidak semua orang satu kantor bisa dijadikan teman loh. Rekan-rekan sekantor yang terkenal Big Goss sebaiknya dihindari.

Sebaiknya sebelum mengklik confirm pikirkan lagi apakah Anda benar-benar ingin berbagi banyak hal dengan mereka. Karena begitu Anda mengiyakan mereka menjadi teman, berarti mereka berhak tahu atas semua status-status dan kegiatan yang dilakukan.

Tentunya Anda ingin mem-posting status-status yang tidak penting bahkan cenderung kontroversi. Nah, jika status-status ini dibaca oleh bos atau orang yang dituju tentunya akan menimbulkan masalah yang bisa berkepanjangan. Sekalipun hanya bermaksud bercanda, tetapi karena hanya berupa tulisan, mereka tak bisa melihat ekspresi wajah Anda. Inilah yang bisa menyebabkan salah paham.

Apa Saja yang Boleh Diperbincangkan?

Memang benar, Anda boleh memperbincangkan apa saja di dunia maya ini. Semua hal sehingga teman-teman Anda seolah-olah berada di samping dan mengetahui apa yang sedang dilakukan.  Berhati-hatilah dalam hal ini. Pilah pilihlah kata-kata yang baik dan usahakan tidak menyinggung siapa pun.

Hindarkan status-status yang membuat seseorang atau bahkan sekelompok orang tersinggung. Jika ada diantara teman-teman Anda adalah teman sekantor atau atasan, jangan membuat status yang ‘menjelek-jelekkan’ perusahaan.

Buatlah status senetral mungkin yang tidak menuai kontroversi. Tapi sesekali buatlah kejutan ke teman-teman Anda dengan posting yang membuat mereka bertanya-tanya. Misalnya Anda selama ini dikenal sebegai perempuan lajang dan mandiri, lalu satu hari Anda memposting status i love you so much.

Kapan Waktu yang Tepat Membuka Facebook?

Tentu jawabannya setelah semua tugas dan pekerjaan Anda selesai, sehingga tidak mengganggu tugas di kantor. Tetapi jika dituruti, tugas kantor tentunya tak akan pernah habis. Biasanya pula ada titik jenuh dimana Anda sudah tak dapat lagi berpikir. Sekalipun dipakasakan, tentu hasilnya tak akan sempurna.

Lebih baik, tetapkan waktu dan disiplin pada diri sendiri. Jika memang sudah penat, bukalah Facebook dan berilah tenggat waktu, misalnya 10 menit. Setelah 10 menit kembalilah bekerja dan hiraukan semua sapaan ataupun status-status teman yang ingin dikomentari. Segera log out Facebook Anda, dan jangan membiarkannya stand by, kecuali Anda memiliki kontrol diri yang kuat.

posting artikel terkait:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s