Pemblokiran Facebook Seperti Kucing-kucingan

facebook3Jakarta – Fenomena pemblokiran Facebook itu ibarat pepatah ‘banyak jalan menuju Roma’. Maksudnya, meski sudah diblokir tapi tetap saja banyak cara untuk mengakalinya. Jadi seperti main kucing-kucingan.

Untuk mencari ‘jalan tikus’ ini, user memang butuh sedikit keahlian tambahan. Namun dengan sedikit belajar dari teman sekantor yang sudah mahir, sepertinya pemblokiran tersebut tak ubahnya tinggal sekadar aturan di atas kertas yang sulit diterapkan.

Hal ini pun diakui oleh pembaca detikINET bernama Christian Prasetya. Menurutnya, pemblokiran sebuah situs biasanya memang mengalami dampak dan reaksi bermacam-macam. Salah satunya, banyak user yang mulai pandai mencari anonymous proxy untuk menembus firewall perusahaan.

“Kalau begini jadinya, akan menjadi seperti kucing kucingan,” ujar pria yang sehari-hari menjadi Network Engineer ini dalam surat elektroniknya, Rabu (11/3/2009).

Namun biasanya, lanjut Christian, sebelum dilakukan tindakan blokir, pihaknya terlebih dulu melakukan pendekatan personal secara langsung. “Karena policy perusahaan sendiri sudah cukup ketat soal masalah produktifitas,” imbuhnya.

Selain itu, yang perlu diingat adalah internet sebagai gudangnya informasi juga banyak menyajikan cara-cara untuk mengakali pemblokiran ini. Tinggal tergantung user untuk rajin-rajin browsing.

Kekhawatiran para perusahaan terhadap suatu situs karena ditakutkan bakal terlalu banyak menyita waktu karyawannya bukan kali ini saja terjadi.

Dulu, ketika Friendster booming, tak sedikit pula perusahaan yang melakukan boikot terhadap situs tersebut. Namun bagaimana hasilnya? tetap saja ada karyawan yang tetap bisa mengakses Friendster meski harus melalui beberapa jalan terlebih dahulu.

sumber: detik.com

posting artikel terkait:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s