13 juni 2009, URL username di facebook mulai diberlakukan

facebookMulai pukul 12:01 a.m Eastern Daylight Time, Sabtu (13/06), situs jejaring social populer, Facebook akan mulai membuka akses user untuk mengidentifikasi dirinya melalui username selain nama aslinya di halaman profil mereka. Saat itu, user akan dipermudah untuk memilih username di pertama mereka melihat di halaman profil mereka dan setiap halaman Facebook yang menempatkan mereka menjadi administer. User juga akan menerima notifikasi di home page mereka dengan diikuti instruksi untuk mendapatkan username.

Ide Facebook ini didesain oleh Blaise DiPersia, yang menuliskan pesan di tanggal 9 Juni ke semua pengguna user. Ide ini sekaligus memudahkan user untuk menemukan teman mereka lebih cepat dengan mengetikkan username sebagai bagian dari URL. “Ketika teman, member keluarga atau co-worker mengunjungi profil user atau Pages di Facebook, mereka dapat memasukkan username sebagai bagian dari URL di browser.  Dengan hal ini, user akan lebih mudah menemukan teman yang dicari.“ ungkap DiPersia.

Selama lima tahun eksistensi Facebook, system manajemen Facebook telah mengatur nomor acak masing-masing URL halaman profil user, seperti “id=592952074“. Namun, mulai tanggal 13 Juni, jika user belum terkoneksi dengan teman yang dicari dan tidak dapat menemukan teman mereka melalui fungsi pencarian situs, user akan mudah mengganti sembilan digit nomor id di atas dengan username teman. Username juga dapat digunakan di fungsi pencarian. Situs profil teman yang dicari kemudian akan tertampil sebagai jendela pop up.

“Dari awal keberadaan Facebook, user telah menggunakan real name-nya untuk share dan terkoneksi dengan teman yang mereka tahu. Otentikasi ini akan membantu lingkungan yang terpercaya karena user tahu identitas asli orang yang mereka undang dan semua hal di Facebook.“ tambah DiPersia. Username Facebook akan dibuat dalam bentuk form text, dan user dapat memilih satu username untuk profil mereka dan di tiap halaman dimana mereka menjadi administer. Username minimal terdiri dari 5 karakter dan hanya terdiri dari karakter alphanumeric (A-Z, 0-9).

“Pilihlah dengan hati-hati, karena sekali dipilih maka user tidak bisa mengubah atau men-transfer-nya. Jika user sign up ke sebuah Facebook Page setelah tanggal 31 Mei atau ke profil user setelah 9 Juni, maka user tidak dapat sign up dengan username dengan segera karena kami membuat aturan untuk mencegah adanya ‘pembajakan’ nama.“ ulas DiPersia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s