Asus N20A, Dilengkapi HDMI dan eSATA

Asus N20ABagi Anda yang lebih suka dengan gadget mulus tanpa sudut, notebook seri N dari Asus ini bisa menjadi salah satu alternatif. Pasalnya, produk ini berbentuk cenderung membulat dengan lapisan glossy yang banyak disukai orang. Salah satu varian N ini hadir pada tipe N20A dari Asus yang mengusung layar 12”.

Seri N didesain dengan cover bercorak vertikal yang tahan terhadap goresan. Anda tak perlu cemas casing notebook akan lecet akibat terbentur atau tergesek benda lain.

Kesan sebagai notebook yang cerdas sekaligus peduli gaya memang terlihat pada N20A. Deretan port yang dilengkapi koneksi HDMI dan eSATA jelas bukan fasilitas yang mudah ditemui di notebook umumnya. Fasilitas fingerprint untuk identifikasi pemakai menambah kesan notebook ini sebagai produk yang peduli pada sekuriti.

Selain itu, masih tersedia pula tambahan feature SmartLogon. Dengan fasilitas ini, Webcam 1,3 megapixel yang tersedia dimanfaatkan untuk mengenali wajah pemakai sebagai “kunci” untuk masuk ke sistem (fitur ini sebenarnya mulai lazim dipakai pada banyak notebook).

Namun tanpa melihat rangkaian feature tersebut di atas pun, calon pembeli semestinya sudah terpikat lewat tampilan fisik notebook ini. N20A cantik berkat material glossy di bagian cover dan sekujur panel dalamnya. Bagusnya, kehalusan casing tersebut tidak membuatnya licin ketika digenggam. Tombol touchpad-nya pun muncul dalam model metalik yang terkesan eksklusif.

Satu-satunya yang membuat notebook ini terlihat kurang menarik adalah keberadaan baterai berkapasitas 7800mAh yang ukurannya terlalu lebar sehingga menyembul keluar badan notebook. Jadi barangkali agak aneh menenteng notebook ini dengan baterai 9 sel tersebut. Kalau tidak suka, silakan membeli baterai dengan kapasitas lebih rendah tapi lebih pas di casing notebook.

Salah satu keunggulan N20A terdapat pada fasilitas Express Gate, di mana sistem operasi khusus akan melakukan boot dalam waktu sekitar 8 detik. Setelah itu Anda langsung bisa melakukan browsing ke Internet, memutar musik, bermain game secara online, mengolah foto, maupun juga berkomunikasi via Skype. Cara cepat ini pasti disukai mereka yang perlu cepat ber-multimedia tanpa harus terlibat lebih dulu dengan sistem operasi.

Untuk memuluskan aktivitas ini spesifikasi yang diusung N20A tergolong siap melalui prosesor T9400 2,5GHz, memori besar 4GB, dan harddisk lega 320GB. Ketiga komponen ini menjadi keunggulan utama N20A.

***

Nyamankan menggunakannya? Sejauh yang kami coba, Asus N20A memang unggul dalam hal gaya dan kenyamanan navigasi. Selain itu fasilitas Express Gate jelas merupakan nilai tambah tersendiri. Keberadaan koneksi eSATA dan HDMI juga merupakan nilai tambah lainnya. Bagi kami, gaya hanyalah sekedar pelengkap namun tentu pendapat ini berbeda dengan mereka yang peduli akan dunia fashion.

Bagaimanapun juga, Asus N20A sengaja mengkombinasikan feature teknologi dan gaya untuk memikat konsumen yang tak keberatan membayar lebih mahal. Anda suka?

PLUS: Desain menarik; kinerja baik; fasilitas fungsi instan; dukungan aplikasi beragam; ada port HDMI dan eSATA.

MINUS: Modem opsional; ukuran baterai kurang proposional.

SKOR PENILAIAN
(maksimal 5)
Kinerja : 4
Fasilitas : 4,2
Penggunaan : 4,25
Harga : 4
SKOR TOTAL : 4,11

HASIL PENGUJIAN
Kami bandingkan N20A ini dengan U6V Bamboo yang sama-sama berasal dari Asus, dengan spesifikasi cukup setara. Namun karena U6V menggunakan chip grafis GeForce 9300M GS, kinerjanya jelas 30% lebih gegas dibandingkan N20A yang hanya memakai chip Intel X4500HD. Tabel daya tahan baterai bisa dilihat di tabel. Namun berdasarkan pemakaian yang kami coba, N20A setidaknya dapat bertahan sekitar 3 jam untuk pemakaian normal.

Pengujian
Asus U6V Bamboo
Asus N20A
Cinebench R10
2 menit 50 detik
2 menit 50 detik
Membuat film
1 menit 35 detik
2 menit 13 detik
Encoding video
14 menit 33 detik
14 menit 24
Encoding audio
2 menit 37 detik
2 menit 45 detik
3DMark 2006
1828
1016
Daya tahan batere
Memutar HD Video
52 menit 52 detik
2 jam 44 menit 38 detik
Battery Eater
55 menit 22 detik
1 jam 41 menit 19 detik

SPESIFIKASI Asus N20A

Prosesor: Intel Core 2 Duo T9400 (2,5 GHz, 6 MB L2 cache, FSB 1066 MHz)

RAM: 4GB, DDR2 800 MHz (Dual-Channel)

Chipset: Intel PM45 (Cantiga)

Kartu Grafis: Intel X4500HD

Harddisk: 320GB SATA II
Optical drive: DVD±R DL

Fasilitas: Wi-Fi, Bluetooth, LAN, modem, 4-in-1card reader, 3 USB, HDMI, eSATA, Webcam, Express Card, Express Card, VGA-out.

Layar: 12,1”, resolusi 1280×800 pixel

Kartu suara: Realtek HD-Audio

Sistem Operasi: Windows Vista Home Premium

Batere: 7800 mAh

Dimensi: 30,5×26,5x(3,3-4,1) cm

Bobot: 2,1 kg
Garansi: 2 tahun
Harga kisaran*: US$ 889

* Asus Indonesia, (021) 458-65050

One thought on “Asus N20A, Dilengkapi HDMI dan eSATA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s