Gaji UMR Indonesia Jauh di bawah standar gaji Internasional

Meroketnya berbagai harga barang di Indonesia yang “mengikuti” harga Internasional sangat memprihatinkan. Karena ternyata UMR (Upah Minimum Regional) kita jauh di bawah UMR “Internasional” seperti di AS atau di Inggris. Bahkan standar garis kemiskinan kita pun sangat jauh berbeda.

Padahal harga barang paling tidak untuk beberapa produk tidak berbeda jauh. Misalnya di AS bensin US$ 3,2 per gallon atau Rp 8.000/liter, di Indonesia harga Pertamax Rp 7.800/liter.

Sementara garis kemiskinan di Indonesia hanya Rp 166.697 per kapita per bulan (US$ 0,58/hari) atau untuk keluarga dengan 2 orang anak sekitar US$ 850 per tahun. Di AS garis kemiskinan untuk keluarga dengan 2 orang anak adalah US$20.444.

Dengan garis kemiskinan yang sangat rendah itu, jumlah penduduk yang dikategorikan miskin ada 37 juta. Tapi jika mengikuti garis kemiskinan mutlak versi Bank Dunia sebesar US$ 1 per hari, jumlahnya sekitar 63 juta lebih. Sedang jika memakai garis kemiskinan moderat Bank Dunia sebesar US$ 2 per hari jumlah orang miskin di Indonesia sekitar 126 juta jiwa. Tak heran jika ada BLT atau bantuan orang miskin, orang yang menurut versi pemerintah tidak miskin ikut berebut karena menurut standar dunia dia termasuk miskin.

Di AS UMR besarnya US$ 5,85 per jam atau US$ 982 per bulan (Rp 9,2 juta). Di Inggris UMR besarnya GBP 5,52 per jam atau Rp 17 juta per bulan. Sementara UMR di Jakarta hanya sekitar Rp 1.o80.000/bulan sementara di daerah seperti Yogyakarta cuma sekitar Rp 600 ribu/bulan.

Oleh karena itu Pemerintah harus menjaga kestabilan harga agar tetap terbeli oleh rakyat karena penghasilan rakyat Indonesia masih sangat rendah. Kenaikan harga minyak goreng yang mengikuti Harga Internasional hingga Rp 16.000/kg akhirnya mengakibatkan banyaknya pengusaha yang memakai minyak goreng seperti pedagang gorengan yang bangkrut dan menganggur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s