D-One SG-138, Tanpa Pulsa pun Bisa ngobrol

D-One sg-138Yang ditawarkan D-One SG-138 adalah walkie talkie, yaitu fungsi radio 2 arah. Fasilitas ini tetap dapat dipakai meski ponsel tak dipasangi SIM card. Untuk mengaktifkannya, di menu utama, masuklah ke Settings>Network settings>Direct Mode, lalu pilih Direct Mode. Cara yang lebih praktis adalah dengan memencet-tahan tombol PTT (tombol menu kiri) sampai muncul tulisan Direct Mode di layar.

Untuk mengembalikan ke jaringan GSM, tinggal pencet-tahan lagi tombol PTT sampai muncul GSM Mode di layar. Atau, di Menu, buka Switch Mode dan pilih GSM mode. Atau, dari menu utama, masuk ke Settings>Network settings>Direct Mode, lalu pilih GSM Mode.

Dalam kondisi walkie talkie aktif, menu kiri dan kanan akan menampilkan teks Menu dan PTT. Untuk mulai berkomunikasi, pencet-tahan tombol menu kanan (PTT); bukan tombol kiri yang ber-icon PTT. Kita akan mendengar bunyi yang menandakan transmisi sudah aktif.

Kita bisa memperluas area cakupan, yaitu dengan mengaktifkan Set repeater. Keadaan aktif ditandai dengan munculnya Rp1 di layar. D-One mengklaim jangkauan radionya sampai 100 meter. Dengan catatan, tak ada penghalang seperti tembok tebal.

O ya, sebelum mulai berkomunikasi, pastikan Anda dan teman bicara Anda berada pada saluran yang sama. Saluran bisa disetel di Set channel. Ada 10 saluran yang bisa dipilih. Jika berbanyak orang, kita bisa pisahkan jadi grup. Ini bisa disetel di Group. D-One SG-138 menyiapkan 7 grup.

Agaknya perlu dicatat bahwa fungsi walkie talkie lumayan menguras tenaga baterai. Jadi segeralah kembali ke moda GSM bila tak lagi memakai fungsi walkie talkie.

Minim Hiburan
Bagi Sinyal, SG-138 terasa garing. Hanya ada radio dan 2 game untuk menghibur diri. Memang ada MP3 player dan Video player. Tapi keduanya hanya aplikasi bohongan. Lagu dan videonya tak bisa diganti. Tak ada kamera. Lucunya, ada semacam cermin mini di tengah-tengah belakang bodi.

Radio, seperti biasa, mengharuskan headset terpasang. Port headset ini ada di bawah bodi, tepat di tengah-tengah. D-One menyiapkan 20 slot untuk Channel list. Pencarian sinyal bisa dengan Input channel maupun Auto search. Kita juga bisa menggunakan speaker eksternal bila mengaktifkan Open speaker.

Navigasi kiri-kanan membawa kita pindah saluran, sementara navigasi atas-bawah membawa kita pindah saluran sesuai daftar yang sudah kita simpan. Navigasi tengah dipakai untuk Play/Stop.

Mengingat desain bodi yang simpel, Sinyal berusaha mencari tahu cara menyetel volume. Tapi entah mengapa Sinyal tidak berhasil menemukan caranya.

Padahal di MP3 player maupun Video player, navigasi atas-bawah dipakai untuk kontrol volume. Pada MP3 player, navigasi kiri-kanan dipakai untuk pindah lagu, sementara navigasi tengah untuk Play/Stop.

Tanpa Memori Ekstra
Tidak ada fungsi storage atau data lainnya di ponsel ini. Karenanya dalam paket tidak disertakan kabel data. Tapi karena bentuk port-nya mirip port data Samsung atau LG yang lama, Sinyal coba mencolokkan kabel data di port tersebut. Hasilnya memang tak terjadi apa-apa.

Dalam posisi itu, ponsel sempat mengisi ulang baterai. Namun kami tidak merekomendasikan cara ini untuk isi ulang batere karena bisa merusak komponen ponsel.

Port charger terpisah dari port headset, yaitu di ujung bawah kanan bodi.

DENGAN KATA LAIN…
Bisa walkie talkie, tapi hanya sesama seri.

Sumber: Sinyal

Plus : Walkie talkie.

Minus : Minim hiburan.

Spesifikasi: D-One SG-138
Harga : Rp 365.000
Jaringan : GSM 900/1800 MHz
Bentuk : Bar
Dimensi : 102x42x14 mm
Bobot : 64 gram
Batere : Li-Ion 3,7V 600mAh
Waktu siaga : rata-rata 4 hari
Waktu bicara : rata-rata 4 jam
Layar : 1,6”
Memori internal : –
Memori tambahan : –
Konektivitas antar peranti : –
Konektivitas internet : –
Kamera : –
Ringtone : Monofonik
Phonebook : 500 entri
Messaging : SMS (100 entri)
Aplikasi : Alarm clock, FM radio, MP3 player bohongan, Video player
bohongan, Game (Tetris, Boxman), Organizer, Calculator, Stopwatch
Isi paket : Charger, headset, manual

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s