REVIEW NOKIA 5730 XPRESSMUSIC WITH KEYBOARD QWERTY

NOKIA 5730 XPRESS MUSIC WITH KEYBOARD QWERTY

NOKIA 5730 XPRESSMUSIC 1Menghadapi gempuran dari para pesaingnya yang juga cukup agresif menelurkan ponsel di segmen musik, nokia meluncurkan andalan terbarunya di seri xpressmusic. Kali ini, vendor finlandia ini membesut ponsel musik dengan sentuhan baru yakni nokia 5730 xpresmusic.

HARGA:

Rp.3.900.000 (juli 2009)

DESAIN

NOKIA 5730 XPRESSMUSICSektor ini yang jadi andalan nokia 5730 xpresmusic mencuri perhatian di segmen musik. Konsep desain slide-side candybar pada handset ini sebenarnya lebih sering di temui di segmen bisnis atau smartphone, namun nokia mencoba peruntungan dengan mengadopsikan di seri yang notabene membidik segmen musik.

Nokia 5730 xpresmusic terbilang agak bongsorkarena memadukan 2 bagian, yakni yakni panel untuk layer dengan tombol keypad serta panel untuk full qwerty keyboard. Tapi bodi besarnya ini justru membuatnya jadi lebih kokoh dan stabil ketimbang nokia E75 yang ramping namun terkesan ringkih.

Model keyboard qwerty ini memiliki bidang luas dan lebar, pengguna cukup leluasa memainkan jari. Tuts keypad terbuat dari bahan plastik, namun saat digunakan mengetik terasa empuk seperti karet.

LAYAR dan USER INTERFACE

Nokia 5730 xpresmusic menghadirkan layar TFT 16 juta warna dengan revolusi QVGA (240×320 piksel). Di tunjang display berukuran 2,4 inchi, sector ini sudah cukup mumpuni untuk berkompetesi dengan ponsel lain di kelasnya.

Nokia 5730 xpresmusic sudah didukung dengan accelerometer untuk aksi menu yang lebih sempurna. Pada bagian antarmuka, ponsel ini sudah membenamkan menu dengan ikon khas S60 3rd edition FP2.

FITUR UNGGULAN

Music player

Lewat nama belakang xpressmusic, seri ini memang tak main-main dalam mengedepankan unsur musik didalamnya.

Pertama-tama tengok saja musik library nya yang menyajikan menu cukup lengkap mulai dari artis, album, playlist, lagu podcast, genre hingga composer. Plus 3.5 mm AV jack untuk mendukung kualitas suara yang maksimal via headset.

Urusan keluaran suara yang dihasilkan Nokia 5730 xpresmusic di lengkapi loudspeaker stereo. Namun, sebagai ponsel musik, sound dari pengeras suara ini terasa kurang menggigitdan tidak nyaring, apalagi posisi loudspeaker berada di belakang bodi sehingga dalam posisi tidur suara teredam.

Kamera

Fitur kamera sepertinya tak terlalu dominan, mengingat banyak competitor lain di kelas harga yang sama mengusung kamera yang lebih dashyat. Namun kekuatan 3,2 megapiksel, digital zoom 8x, plus dukungan auto focus serta lensa carl zeiss masih cukup layak di tengok.

sayang, hasil foto yang di hasilkan oleh Nokia 5730 xpresmusic terasa kurang maksimal. Tapi dalam hal kemampuan video recording-nya, Nokia 5730 xpresmusic mampu tampil maksimal denagn resolusi maksimal VGA (640×480 piksel) pada 15 fps. Kualitas di sector ini relative baik dan bisa jadi unggulan dalam ponsel ini baik dalam format 3gp ataupun mp4.

N-Gage

Aplikasi ini N-Gage yang di benamkan pada ponsel ini melengkapi pengalaman baru di sector hiburan pada seri xpressmusic. Pengguna bisa mengecek berbagai game lewat my games menu pada aplikasi N-Gage lantas mendownload di N-Gage showroom.

Fitur lain

Fitur lain yang dijejalkan nokia pada Nokia 5730 xpresmusic masih banyak yang cukup mumpuni. Antara lain fitur messaging yang mendukung email, nokia chat, A-GPS hinga widget accuweather.

Tersedia pula aplikasi shortcut ke situs jejaring social seperti youtube, myspace, dan facebook.sektor hiburan lain yang bisa di cicipi adalah internet radio & fm, nokia maps yang di dukung A-GPS. Termasuk aplikasi untuk membaca file Microsoft office yakni quick office.

INTERNET & KONEKTIFITAS

Fiur internet jelas sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari ponsel terkini. Nokia 5730 xpresmusic misalnya sudah mendukung browser wap 2.0/xHTML, HTML. Selain itu, transfer data juga didukung 3G/HSDPA (3,2 mbps). Plus akses internet via wi-fi.

Untuk urusan konektifitas, Nokia 5730 xpresmusic menyediakan pilihan mulai dari Bluetooth v2.0 (A2DP) dan port usb yang menyokong transfer data dengan kecepatan tinggi. Dan kabel datanya sudah di sertakan dalam paket penjualan.

MEMORI

Dalam hal penyimpanan data, Nokia 5730 xpresmusic sudah membenamkan memori internal yang relative standar di kelasnya yakni hanya 85 Mb. Untung saja vendor sudah menyediakan slot micro sd untuk melengkapi penyimpanan secara eksternal. Apalagi sebuah micro SD dengan kapasitas 8gb sudah disertakan dalam paket penjualan.

BATERAI

Nokia 5730 xpresmusic sudah menyiapkan baterai lithium ion dengan daya 1000mah. Untuk sekali pngecasan, baterai ini mampu bertahan sekitar dua hari dalam pemakaian normal.

KESIMPULAN

Di kelas ponsel musik, kelebihan Nokia 5730 xpresmusic tergolong cukup menjanjikan terutama dari desain side-slide yang unik. Selain bisa menikmati hiburan musik dan multimedia, pegguna bisa memanfaatkan keypad QWERTY pada ponsel ini untuk mempermudah keperluan office serta aksi pengetikkan cepat.

Di sisi lain, jika menilik harga harga yang di banderol sekitar Rp. 3,9juta seharusnya fitur dlaam ponsel ini bisa lebih maksimal. Kualitas kamera yang di suguhkan misalnya, terasa kurang memuaskan bila di bandingkan dengan ponsel sekelasnya.

Sumber: tabloid pulsa edisi 161 VII.

posting artikel terkait:

35 thoughts on “REVIEW NOKIA 5730 XPRESSMUSIC WITH KEYBOARD QWERTY

  1. udah pake gw … keren banget … overall untuk kebutuhan mobile internet nya ok nih, gw make untuk keperluan all around aja, kamera sih menurut gw udah cukup apalagi untuk ngambil snap shot survey atau sekedar fun doang

  2. numpang lewat n nanya…. klo kamera nya yg dpn aktif jg ga ya utk take photo> krn 5800 kamre dpn hny berfungsi utk video call doank…:-(

  3. wew~
    pdhl bru gnti hp e71 ni saia ..
    hahaha😀
    tp ky na ni hp mnarik bgd .
    btw, qlo d bnding e71 saia n 5730 ini bagus manaa ?

  4. aduuuuuuuuuuuuh aku sudah beliiiiiiii tapi aku kasih orangg jadi aku mauuuuuuuuu beli sekarang ngomong ngomong harganyyyyya udah berapaya kalau bln 12 atau bln 1 2 3 4 5 6 7 8 9 101112 BALAS Ya

  5. hm………………….keyen buangettttt….^__^

    pi harga na pas tu ma bntuk na yg cool abieezz….@@
    terpaksa dech nunggu harga na tuyunn…..
    heheheheh

  6. waawww kereeen. btw, quick officenya cuman bisa baca aja ya? ga bisa edit ato buat baru?
    klo cman bsa baca aja, ada yg tau caranya byar bsa bikin ato edit juga? download aplikasi lain mungkin?

  7. aduu..uhh keren bgt, pengennya udah dari duyu tp duwitnya masih kurang, skrg harganya dah berapa yaa…pokoknya musti beli. mudah2an harga dah turun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s