survei: ‘Facebook-an Bikin Pintar, Twitter-an Bikin Bodoh’

Psikolog mengklaim, sering-sering Facebook-an bikin intelegensi kita meningkat. Namun, hasil ini kebalikan dengan Twitter yang dikatakan malah ‘membodohkan’ penggunanya. Apa alasannya?

Video game Total War, permainan Sudoku dan Facebook, memiliki efek yang sama. Mereka diklaim bisa menguatkan memory bekerja (working memory) kita.

Seri dari Total War membantu melatih working memory karena pemainnya diharuskan untuk mengingat-ingat aksi sebelumnya dan memetakan aksi yang akan diambil.

Begitu juga dengan Sudoku dan juga Facebook. Mempertahankan hubungan dengan teman-teman di jejaring sosial ini dipercaya juga bisa ‘merawat’ working memory.

Working memory sendiri mencakup kemampuan untuk mengingat informasi dan menggunakannya. Dr.Alloway dari University of Stirling di Skotlandia yang mempelajari mengenai working memory ini yakin bahwa hal itu sangat berandil dalam kesuksesan dan kebahagiaan dibanding dengan IQ.

Kebalikan dengan Total War dan Facebook, situs berbagi video YouTube dan mikroblogging Twitter, serta pesan singat SMS, malah mampu mengurangi intelegensi pemakainya, setidaknya masih menurut psikolog Alloway.

“Pada Twitter Anda menerima gelombang informasi tiada henti, namun semuanya dibungkus dengan sangat singkat hingga Anda tak harus memprosesnya, ” ujar Dr Alloway seperti dilansir detikINET dari Telegraph, Senin (7/9/2009).

Hal inilah yang menyebabkan kita hanya sedikit melibatkan pekerjaan otak dan hubungan antar syaraf saat berTwitter-ria, sehingga intelegensi kita bisa berkurang.

sumber: detikinet.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s