pendapat masyarakat tentang KPK

Tahun 2009 adalah tahun yang cukup melelahkan bagi Komisi Pemberantasan Korupsi. Selain harus bekerja ekstra keras dalam pemberantasan korupsi, KPK pun mesti ‘diganggu’ dengan upaya pelemahan.

Teranyar, empat pimpinan KPK diperiksa penyidik Badan Reserse dan Kriminal Mabes Polri terkait dugaan penyalagunaan kewenangan dalam melakukan tugas dan fungsinya kasus Masaro. Lantas apa pendapat masyarakat terhadap KPK?

Beberapa orang yang ditemui okezone mengaku cukup gusar dengan keberadaan KPK sekarang. Ada yang beranggapan KPK adalah lembaga penegak hukum yang paling terpercaya di Indonesia, ada juga yang mulai skeptis terhadap lembaga bentukan kabinet Megawati Soekarnoputri ini.

“Saya percaya KPK masih bersih. Isu miring tentang suap di KPK bisa saja ulah para koruptor,” kata Lisa (21) saat berbincang dengan okezone di kawasan Pulogadung, Jakarta, Sabtu (12/9/2009).

Menurutnya, KPK harus tetap bekerja maksimal tanpa terpengaruh upaya-upaya pelemahan yang dialamatkan ke komisi antikorupsi tersebut. “Jangan menyerah, KPK harus bongkar korupsi yang melibatkan pejabat negara. Selama ini kan sudah terbukti, dia (KPK) mampu menangkap anggota DPR dan pejabat daerah,” sambungnya.

Lain lagi dengan pendapat Fatwa (23), pekerja di sebuah perusahaan jasa telekomunikasi ini mengaku heran dengan upaya pelemahan yang makin besar dilakukan sejumlah pihak.

“KPK kan sudah bagus, jadi makin banyak musuhnya. Nggak perlu dikhawatirkan, justru KPK harus makin kencang berantas korupsi,” tandasnya.

Memang upaya pelemahan di KPK diduga dilakukan secara sistemik. Misalnya saja Rancangan Undang-undang Pengadilan Tindak Pidana Korupsi yang tak kunjung disahkan, terseretnya pimpinan KPK dalam dugaan kasus pidana serta wacana pembatasan bagi kewenangan, seperti penuntutan dan penyadapan. Sejumlah penggiat antikorupsi pun protes keras terhadap upaya pelemahan tersebut.

Selain dukungan, ada pula warga yang mulai skeptis alias meragukan kredibilitas komisi antikorupsi. Dugaan penerimaan suap dan penyalahgunaan kewenangan yang tengah diselidiki polisi membuat keraguan kian menjadi.

“Apa benar KPK bersih?. Pasti adalah oknumnya,” tutur Irwan mahasiswa Fakultas Hukum di sebuah Universitas Swasta, Jakarta. “Kalau di KPK ada yang buruk ya harus ditindak.Saya dukung polisi menyidik kasus itu,” pungkasnya.

4 thoughts on “pendapat masyarakat tentang KPK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s