NOKIA 6730 CLASSIC, SERI KLASIK YANG HEBAT

nokia 6730Ponsel classic nokia kini di perkaya dengan sebuah ponsel pintar ber-OS symbian s60. tanpa mengurangi kemampuannya, fitur nokia 6730 classic tetap mampu tampil sederhana, khas ponsel-ponsel klasik nokia lainnya.

Ponsel ini di buat dengan kemampuan yang lengkap. Mulai dari koneksi, multimedia, hingga aplikasi-aplikasi tambahan. Terutama pada kemampuan GPS yang diklaim merupakan yang terbaik di seri Classic nokia.

Interface

Seperti produk classic nokia yang lain, nokia 6730 classic ini di bentuk dengan desain candybar alias batangan. Tampilan sederhana ini tetap di temani sejumlah kesan metalik di bagian list, d-pad, tombol home dan clear. Cukup berhasil menciptakan nuansa mewah, terlebih saat kita menyadari ada bagian plastik transparan yang menutupi seluruh bagian muka, dari earpiece hingga bawah keypad.

nokia 6730 classicBagian keypad di buat rata dengan permukaan ponsel, namun pemisah keypad yang melintang horizontal akan memisahkan mereka perbaris berbeda. Sayangnya kesulitan masih bisa kita rasakan manakala mengakses tombol dalam satu baris yang sama.

Sementara itu, karena nokia 6730 classic ini mengunakan OS symbian 60 3rd edition FP terbaru, tampilan menu pun bisa dibilang tipikal. Setara dengan produk symbian s60 3rd edisi nokia. Satu hal yang sedikit berbeda ada pada tampilan home dengan widget kontak favorit, mengingatkan kita pada ponsel nokia s60 5th edition semisal nokia 5800 dan nokia 97.

Multimedia

Dulu nokia yang namanya di mulai dengan angka 6 merupakan produk serius untuk keperluan utama bisnis alias office. Namun tidak begitu untuk nokia 6730 classic ini. Produk ini justru membawa semua fitur didalamnya dengan takaran yang bisa dibilang setara. Termasuk fitur multimedia yang tidak asal dimunculkan.

Ada kamera 3,2 megapiksel. Meski masih menggunakan sensor cmos, kamera ponsel ini dilengkapi dengan sejumlah fitur terkini. Termasuk lampu kilat dan sejumlah pengaturan pada kamera professional. Hanya saja untuk foto indoor, hasilnya tergantung pada banyaknya cahaya yang jatuh pada obyek foto. Karena jka menggunakan lampu kilat hasil foto tidak terlalu bagus.

Untuk merekam video, kamera nokia 6730 classic ini memiliki kinerja di bawah produk nokia seri N. pasalnya video yang mampu dihasilkan dalam format mp4 ini hanya memiliki framerate maksimum di 15fps (frame per detik) meskipun resolusinya sudah vga.

Selain kamera, kita bisa mendapatkan pemutar musik khas nokia serta real player sebagai cirri khas nokia s60. kedua pemutar file ini bekerja sama unttuk memainkan format berbeda. Pemutar nusik untuk file-fila audio sedangkan real player untuk file mp4 dan 3gp.

Konektivitas

nokia 6730 classic ini sudah dilengkapi dengan fitur koneksi yang lengkap, kecuali wi-fi dan infar red. Untuk kecepatan browsing ponsel ini sudah sangat baik karena sudah support HSDPA. Karena layar yang ada pada nokia 6730 classic ini tidak terlalu besar (kalo tidak mau di bilang kecil) maka kegiatan browsing anda sepertinya kurang nyaman.

Aplikasi dan instalasi

Karena berhubung nokia 6730 classic ini termasuk dalam keluarga symbian s60 3rd edition, maka anda bisa menambahkan sendiri aplikasi-aplikasi yang kompatibel. Selain itu, nokia 6730 classic ini juga sudah mendukung java midp 2.0 yang membuat ponsel ini bisa mengeksekusi aplikasi java termasuk game dengan spec virtual machine yang tinggi sekalipun.

Hardware

Tidak ada keluhan berarti pada material ponsel ini, tapi material ponsel juga bisa tergores. Jadi anda tidak boleh sembarangan meletakkan ponsel ini.

Untuk memori internal, ponsel ini menyediakan memori 48 mb. Tidak besar memang, untuk itu nokia menyediakan slot memori tanbahan berupa micro sd hingga 16 GB. Anda pun akan memperoleh microSD berisi aplikasi peta dan lain-lain dengan kapasitas 1GB dalam paket penjualannya.

Bahkan dengan prosesor ARM 11 terbaru yang memiliki clock speed 600 Mhz, eksekusi file dan perpindahan dari satu fitur ke fitur lain akan terasa lebih cepat.

Sedangkan sebagai sumber daya, nokia 6730 classic ini menyediakan baterai lithium-ion berkapasitas 1050 maH. Dalam pemakaian normal, baterai ini mampu bertahan hingga 2 hari.

5 thoughts on “NOKIA 6730 CLASSIC, SERI KLASIK YANG HEBAT

  1. saya suka desainnya yang minimalis, tapi kurang suka dengan beberapa kkurangann seperti belum autofokus, masih pake jack audio 2.5 mm dan sebagainya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s