MISTERIUS! METEOR, SATELIT ATAU ROKET YANG JATUH DI BONE, SULAWESI?

ilustrasi

ilustrasi

hari kamis, 08 oktober 2009 ledakan misterius terjadi di kawasan Palette, Tanete Riattang, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. isu tentang meteor jatuh pun menyeruak di seantero bone. tapi apakah benar ada meteor yang jatuh di daerah tersebut?

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) belum bisa memastikan apakah ledakan misterius di Tanete Riattang Timur, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, bersumber dari jatuhnya meteor atau bukan.

Fakta mengenai benda yang menimbulkan ledakan dahsyat dan sempat menghebohkan warga itu hingga kini masih misterius. Sri Kaloka (peneliti LAPAN) menambahkan, sebuah meteor akan lebih mudah dideteksi apabila jatuh di darat. Namun, dia tidak menampik bahwa benda yang dikabarkan jatuh itu bisa jadi adalah benda buatan, seperti satelit ataupun serpihan roket.

“Kalau di laut, kemungkinannya akan sulit. Bisa jadi juga itu benda buatan,” imbuhnya.

Namun yang jelas, sejumlah rumah warga mengalami kerusakan. Dinding dan plafonnya rusak akibat getaran yang cukup kuat. Tak hanya itu, Cantika, bocah berusia sembilan tahun, tewas karena mendengar sura ledakan. Menurut ayahnya, Cantika memang memiliki riwayat penyakit jantung.

Penelusuran di lapangan, lokasi ledakan misterius itu ternyata tak jauh dari kampung halaman Jusuf Kalla, pengusaha asal Bone yang menjadi Wakil Presiden hingga dua pekan ke depan.

Namun penelitian berbeda diungkapkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Makassar. BMKG memprediksi ledakan tersebut berasal dari gempa dengan kekuatan 1,9 Skala Richter.

sumber: okezone.com

5 thoughts on “MISTERIUS! METEOR, SATELIT ATAU ROKET YANG JATUH DI BONE, SULAWESI?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s