GILA, jual istri untuk lunasi utang rentenir

Kemarau berkepanjangan, utang yang membengkak dan putus asa memaksa petani di wilayah Bundelkhand, perbatasan antara provinsi Uttar Pradesh dan Madhya Pradesh, India, menempuh jalan yang cukup ekstrim. Mereka terpaksa menjual isterinya untuk bisa melunasi utang berbunga tinggi yang dikucurkan Paisawalla, sebutan bagi rentenir kaya di India.

Para petani di Bundelkhand memang tidak punya pilihan, lantaran mengalami kegagalan panen akibat kemarau panjang. Saat utang semakin membumbung akibat bunga yang tinggi, Paisawalla mendesak petani untuk membayar utangnya. Karena dipaksa dengan ancaman, tidak sedikit petani harus merelakan isterinya menjadi budak seks para Paisawalla.

“Ini kadang-kadang terjadi. Dia (Paisawalla) membeli saya untuk 30 hari,” kata seorang isteri petani yang merahasiakan namanya, seperti dikutip cnn.com. Ia menceritakan dirinya terpaksa menerima keputusan itu karena tidak punya pilihan. “Tanah dan pompa air sudah dijual dan kami memang tidak punya apa-apa lagi,” katanya.

Di desa lain, seorang petani bahkan tega menjual anaknya yang berusia 12 tahun kepada Paisawalla untuk membayar utang 10 ribu rupee atau sekitar Rp2 juta. “Ibu dan ayahku punya utang 10.000 rupee. Itu sebabnya mereka menjual saya,” aku anak perempuan yang kini telah menjadi ibu satu anak itu.

Polisi India tampaknya tidak bergeming atas laporan eksploitasi kaum perempuan itu, karena menganggap penjualan itu telah disepakati bersama. “Tidak ada yang mendukung. Polisi, peradilan dan hukum tidak bisa melindungi kaum perempuan India,” kata Ranjana Kumari, peneliti India’s Center for Social Research.

sumber: mediaindonesia.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s