Inilah jenis Mobil Dinas Menteri dari Soekarno Sampai SBY

Sejak era Presiden Soekarno hingga Susilo Bambang yudhoyono (SBY) masing-masing kabinet punya gaya sendiri dalam memilih mobil dinas.

Dari gaya Amerika, Eropa hingga Negeri Sakura. Jenis tunggangan menteri memberikan kesan kewibawaan tersendiri.

SBY tidak lagi memakai merek-merek yang pernah dipakai pendahulunya untuk diberikan kepada para pembantunya, yang lebih banyak menggunakan mobil buatan Eropa dan Amerika Serikat (AS).

Sejak memerintah pada 2004 lalu, SBY lebih memilih produk perusahaan Jepang, Toyota, untuk tunggangan para menteri.

Pada masa pemerintahan 2004-2009, para menteri dalam Kabinet Indonesia Bersatu jilid I (KIB I) memakai Toyota Camry V6. Lalu,tersiar kabar,para menteri dalam KIB II akan mendapatkan mobil baru Toyota Crown Royal Saloon.

Toyota Camry V6 Toyota Majesta

 

Sebelumnya, kabar yang beredar menyebutkan para menteri bakal mendapat jatah mobil Toyota Majesta yang harganya mencapai Rp1,8 miliar. Memang belum ada kepastian dan pengumuman resmi bahwa Toyota Crown Royal Saloon akan menjadi tunggangan baru para menteri. Namun penggantian mobil dinas tampaknya sudah hampir pasti dilakukan.

Tradisi ganti mobil ini sudah lama dijalankan semua pimpinan pemerintahan. Pada masa pemerintahan Soekarno, para menteri diberi mobil dinas buatan AS, Dodge Dart.

Dodge Dart

Mobil yang sama juga diberikan kepada perdana menteri dan wakil perdana menteri. Lalu, di era pemerintahan Presiden Soeharto, mobil buatan Swedia, Volvo, menjadi pilihan sejak 1978.

Saat itu, para menteri dalam kabinet Orde Baru menggunakan Volvo seri 264 GL yang berkesan eksklusif dan mewah. Seri ini me-rupakan pengembangan dari 264 DL yang didesain Jan Wilsgaard.

Volvo seri 264 GL

Penggunaan Volvo dilanjutkan tiga presiden pasca-Soeharto.Pada pemerintahan BJ Habibie, Abdurrahman Wahid, dan Megawati Soekarnoputri, para menteri menggunakan mobil dinas jenis Volvo 960.

Volvo 960

Mobil jenis ini sebenarnya “mobil bekas” yang pernah digunakan untuk Konferensi Tingkat Tinggi APEC 1992. Saat itu, Presiden Soeharto memborong mobil tersebut untuk disediakan bagi para pemimpin sejumlah negara.

sumber: okezone.com

3 thoughts on “Inilah jenis Mobil Dinas Menteri dari Soekarno Sampai SBY

  1. weleh2…klo jaman sekarang ngeliat di bantaran kali gebang itu rakyat merana…kira2 para pejabat2 yg pakai mobil mewah itu ikut merasakan “merana” atau “bersuka ria” di dalam mobil dinas itu???

  2. PARA MENTRI SEMAKIN TER DEPAN DAN SEMAKI MULUS SERTA CEPAT DI JALAN.
    APA LG URUSAN PERUT SUDAH PASTI LBIH TERJAMIN. LALU BAGEMANA DENGAN
    RAKYAT KECIL YG SERING MASUK ANGIN KARNA KURANG MAKAN..??
    APA PARA MENTRI BISA CEPAT MEMBERIKAN IYA MAKAN..??
    BER DOSA KAH RAKYAT BILA MEREKA MERASA TIDAK ADIL??
    (SUNGGUH MANUSIA BER DOSA BILA MELANTARKAN RAKYATNYA)

  3. wah, mmg para menteri ga mencerminkan yg baik pada bawahan bawahannya ya, liat aja di daerah daerah di indonesia, dari kepala daerah smp kepala dinas nya juga pada enak nyobain mobnas terbaru, yg heran lg mereka malah bangga naik mobnas daripada mob pribadinya..wkwkwkwkwk!knp sih pemerintah ga coba beli mbl seken unt mobnasnya, kan bs lebih irit dan duitnya bs unsejahterakan rakyatnya!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s