Sering Ditilang Polisi, Rakyat Pilih Dukung KPK

polisi tilangDukungan massif dari publik terhadap Bibit Samad Rianto dan Chandra M Hamzah sejatinya bukan karena masyarakat yakin bahwa dua pimpinan KPK nonaktif itu tidak bersalah. Melainkan akibat dari akumulasi kekecewaan terhadap kinerja Polri selama ini.

Tindakan oknum-oknum polisi di lapangan sering tidak bersahabat dengan masyarakat.

“Kasus ini prosentasenya kecil, tidak terlalu signifikan, publik juga tidak tahu persis siapa Bibit-Chandra,” ujar Faruk Muhammad, mantan Gubernur Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian, di Jakarta, Sabtu (7/11/2009).

Dukungan masyarakat ke Bibit dan Chandra, menurut Faruk, lebih karena masyarakat kerap mendapatkan perilaku kurang mengenakkan saat berurusan dengan polisi. Misalnya ditilang tanpa sebab yang jelas dan pelayanan yang tidak simpatik kepada masyarakat.

Masyarakat yang belum pernah mendapat pengalaman buruk dengan polisi juga telah mempunyai persepsi negatif karena sering mendengar cerita dari teman atau keluarganya. Memori tersebut pun langsung mencuat ketika dua Pimpinan KPK nonaktif di tahan oleh polisi.

Kemarahan publik semakin bertambah akibat gagalnya aparat kepolisian melakukan komunikasi dengan masyarakat terkait alasan penahanan Bibit-Chandra.

Polisi memang punya hak untuk menahan Bibit-Chandra, namun cara penyampaian Wakabareskrim Inspektur Jendral Pol Dikdik Maulana terlihat arogan dan tidak menarik simpatik publik. “Belum lagi istilah Cicak-Buaya, itu semakin merusak citra polisi,” bebernya.

Pembenahan tata administrasi kepolisian adalah salah satu tindakan konkret yang harus diambil guna mengembalikan kepercayaan publik. “Lakukan reformasi birokrasi secara penuh dan Presiden perlu turun tangan,” tukasnya.

sumber: okezone.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s