nonton video di youtube sekarang harus bayar?

YouTube berencana untuk memungut biaya pada pengunjung situs yang ingin menyaksikan video-video seperti acara Televisi, Film online dan Berita-berita. Google pemilik YouTube saat ini sedang mempertimbangkan kebijakan tersebut menyusul hengkangnya sejumlah pemasok video seperti Channel4 dan Channel Five dari YouTube.

Channel4 dan Channel Five menginginkan agar pengunjung video miliknya yang ditampilkan di YouTube dikenai biaya. Channel4 takkan lagi menampilkan konten video secara penuh di YouTube.

Dalam wawancara dengan Reuters, seperti dilansir Guardian, Kamis (16/12/2009), Petinggi Google David Eun menyatakan, kebijakan men-charge pelanggan merupakan salah satu upaya untuk meyakinkan stasiun Tevisi dan studio-studio Hollywood untuk tetap bertahan di YouTube.

“Kami akan membuat penawaran menarik untuk konten-konten berdurasi panjang, tak semua konten nantinya bisa diakses,” kata David.

Hingga saat ini, situs berbagi video itu memang tak memungut biaya sepeser pun pada pengunjung. Pendapatan utama Youtube hanya mengandalkan iklan. Selama ini, stasiun-stasiun televise dan studio Hollywood hanya mendapatkan keuntungan pembagian iklan dari YouTube.

“Saya pikir model ‘free’ memang sangat sulit untuk mengetahui nilai dari konten kami,” ujar Chase Carey, President of News Corporation menanggapi langkah YouTube tersebut.

CEO Google sendiri, Eric Schmidt , mengatakan menghasilkan uang dari YouTube adalah prioritas utama Google. Diperkirakan YouTube mampu meraup USD470 juta pada tahun 2009.

waduh… kirain nonton semua video di youtube harus bayar. ternyata hanya dari Channel4 dan Channel Five aja. syukur deh…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s